Main Article Content

  • Silviana Silviana
    BTN Syariah
  • Purnama Putra
    Universitas Islam 45

Abstract

As a country with moslem as the majority, Indonesia turns out to be the market of sharia Banking Industry. Yet, ironically, Sharia Banking only has market segmentation of 4,86% from the total banking service industry. This research focuses on the mapping of floating customers of sharia banking and marketing strategies done to interest future customers to be loyal customers using the model of Attention, Interest, Desire, and Action (AIDA). Bekasi is chosen as the research site since it is one of the capital city backbone for human resources and industries. The method used is a mixed method with the approach of concurrent embedded. The result shows that 54 % sample of the people in Bekasi are floating customers of sharia banks. Sharia banks around Bekasi have also implemented AIDA models to turn the floating into loyal customers. The recommendation posed by the floating customers is that sharia banks are supposed to enhance the service given to them in terms of socialization and promotion.

Indonesia sebagai negara yang mayoritas berpenduduk muslim menjadi pangsa pasar industri perbankan syariah. Hal yang menjadi ironi bahwa Perbankan syariah hanya mempunyai segmen pasar 4,86 % dari total industri layanan jasa perbankan. Riset ini berfokus pada pemetaan Nasabah Mengambang Perbankan Syariah dan strategi promosi yang dilakukan Bank Syariah untuk menarik calon nasabah menjadi nasabah loyalis menggunakan model Attention, Interest, Desire dan Action (AIDA). Bekasi dipilih menjadi lokasi penelitian ini dikarenakan sebagai daerah penyangga ibukota baik dari aspek sumberdaya manusia maupun industrinya. Metode yang digunakan dalamĀ  adalah metode kombinasi dengan pendekatan concurrent embedded.Hasil dalam riset ini bahwa 54 % masyarakat kota Bekasi merupakan nasabah mengambang perbankan syariah. Perbankan syariah sudah menerapkan metode AIDA dalam strategi pemasarannya untuk menarik nasabah mengambang menjadi loyalis. Rekomendasi yang diberikan oleh nasabah mengambang yang mendapatkan porsi terbesar dengan melakukan peningkatan pelayanan sebagai perwujudan sosialisasi dan promosi kepada nasabah mengambang.

Keywords

AIDA, floating customer, marketing strategy, nasabah menkambang, strategi pemasaran

References

Biro Pusat Statistik. (2015). Biro Pusat Statistik. Retrieved from www.bps.go.id.

Creswell, J. W. (2010). Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Fuad, H. (2016, September 27). ekbis.sindonews.com. Retrieved 2016, from ekbis.sindonews.com: www.ekbis.sindonews.com/read/1142707/178/market-share-bank-syariah-terus-meningkat-1142707140.

Harmini, S. (2013, November 12). Head Funding Officer BMI Cabang Bekasi Timur. (Silviana, Interviewer).

Helmy, M. Y. (2013, Desember 23). Deputy Director Karim Consulting Indonesia. (Silviana, Interviewer).

Karim Business Consulting. (2005). Islamic Banking Consumer Behaviour in Indonesia: A Qualitative Approach. Jakarta: KBC.

Kasali, R. (2005). Manajemen Periklanan : Konsep dan Aplikasinya di Indonesia. Jakarta: Pusaka Grafiti.

Kotler, P., & Armstrong. (2008). Dasar-dasar Pemasaran. (A. Sindoro, & T. M. Plus, Trans.) Jakarta: PT. Indeks Gramedia.

Lestari, S. P. (2016). Hubungan Komunikasi Pemasaran dan Promosi dengan Keputusan Memilih Jasa Layanan Kesehatan (Studi pada Rumah Sakit Islam Lumajang). Majalah Ilmiah Inspiratif, 2(1).

Mairanda, & Putra, P. (2015). Efektifitas Pengembangan Strategi Promotion Mix dalam Produk Tabungan Mudharabah Mutlaqah BNI Syariah Cabang Bekasi. Maslahah, 6(1).

Otoritas Jasa Keuangan. (2017). Statistik Perbankan Syariah . Jakarta: Departemen Perizinan dan Informasi Perbankan Deputi Direktur Publikasi dan Administrasi .

Putra, P. (2016). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhii Intensi Muzaki Membayar Zakat : Sebuah survey pada masyarakat Bekasi. Maslahah, 99-109.

Rosita, E. T. (2013, November 08). staff Marketing BMI Cabang Bekasi Timur. (Silviana, Interviewer)

Sari, Y., Sumarwan, U., & Hosen, M. (2015). Analisis Faktor - Faktor Preferensi Etnis Tionghoa terhadap Bank Syariah di Indonesia. Al-Muzara'ah, 3(1).

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R& D. Bandung: Alfabeta.

Suhendi, C. (2008). Kritik untuk Bank Syariah (Antara Harapan, Kenyataan dan Paradigma Rahmatan lil Alamin). Fokus Ekonomi, 7(1), 52-57.

Syibly, M. R. (2008). Mengkaji Kebutuhan Floating Market Muslim Terhadap Bank Syariah (Studi Kasus Anggota Pengajian Bisnis Al-Kautsar NU di Wilayah DIY). Millah, VII(1), 89-106.

Wadhan. (2011). Edukasi Marketing Bank Syariah. Al-Ihkam, VI(1), 91-106.

Article Sidebar

Published Sep 1, 2017
How to Cite
SILVIANA, Silviana; PUTRA, Purnama. MODEL AIDA SEBAGAI STRATEGI PEMASARAN BAGI NASABAH MENGAMBANG PERBANKAN SYARIAH (SURVEI MASYARAKAT DI KOTA BEKASI). Jurnal Organisasi Dan Manajemen, [S.l.], v. 13, n. 1, p. 10-21, sep. 2017. ISSN 2442-9155. Available at: <http://ilp.ut.ac.id/index.php/JOM/article/view/146>. Date accessed: 24 sep. 2017.
Section
Articles