AKSESIBILITAS MAHASISWA PADA TUTORIAL ONLINE PROGRAM STUDI PERPUSTAKAAN

  • Sri Suharmini Wahyuningsih Universitas Terbuka
  • Yanis Rusli Universitas Terbuka
  • Arifah Bintarti Universitas Terbuka

Abstract

Easy for students to use online tutorial package (Tuton) is expected to help them understand the learning materials are provided and help students obtain the value of final exams as expected. Issues raised in this research is the involvement of students to online tutorials provided UT associated with student achievement in the final exams (UAS). The object of research is a student at the Library D2 2014.1 exam period for three courses namely PUST2251-Materials Processing Nonbuku, PUST2254-Promotion of Library Services, and PUST2256-Cooperation and Networking Library. The purpose of this study was to see information about the accessibility of the students in doing Tuton, analyze relationships Tuton accessibility to the evaluation study (final exams). The methodology used in this research is quantitative descriptive method, by analyzing the number of access / Tuton student activities on the implementation and results of UAS students who follow an online tutorial on registration period 2014.1. The results showed that in the majority of total access Tuton unrelated to the value of UAS. The participation rate of students to Tuton very varied, from the lowest level below 20 times to 300 times. The third level of student involvement are the same subjects.

Kemudahan bagi mahasiswa dalam menggunakan layanan tutorial online (tuton) diharapkan dapat membantu mereka memahami materi pembelajaran yang diberikan dan membantu mahasiswa memperoleh nilai ujian akhir semester sesuai yang diharapkan. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah keterlibatan mahasiswa terhadap tutorial online yang disediakan UT dikaitkan dengan prestasi mahasiswa dalam ujian akhir semester (UAS). Objek penelitian adalah mahasiswa D2 Perpustakaan pada masa ujian 2014.1 untuk tiga mata kuliah yaitu PUST2251-Pengolahan Bahan Nonbuku, PUST2254-Promosi Jasa Perpustakaan, dan PUST2256-Kerjasama dan Jaringan Perpustakaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk, mencari informasi tentang aksesibilitas mahasiswa dalam melakukan tuton, menganalisis hubungan aksesibilitas terhadap tuton dengan evaluasi belajar (ujian akhir semester). Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif, yaitu dengan menganalisis jumlah akses/kegiatan mahasiswa terhadap pelaksanaan tuton dan hasil UAS mahasiswa yang mengikuti tutorial online pada masa registrasi 2014.1. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara mayoritas total akses tuton terhadap nilai UAS tidak berkaitan. Tingkat partisipasi mahasiswa terhadap tuton sangat bervariatif, dari tingkat yang paling rendah di bawah 20 kali sampai 300 kali. Tingkat keterlibatan mahasiswa dari ketiga mata kuliah adalah sama.


References

Adnan, Irma, & Dewi Padmo. (2007). Tutorial sebagai bantuan belajar dalam Asnah Said (editor). Perkembangan Universitas Terbuka: Perjalanan mencari jati diri menuju PTJJ unggulan: buku 1 peningkatan kuailitas akademik. Jakarta: Universitas Terbuka.

Akses. Diunduh pada tanggal 25 Pebruari 2014 dari www.kbbi.web.id/akses.

Aksesibilitas diunduh pada tanggal 20 Oktober 2015 dari http://kbbi.web.id/aksesibilitas.

Aksesibilitas. Diunduh pada tanggal 25 Pebruari 2014 dari http://id.wikipedia.org/wiki/Aksesibilitas.

Pusat Bahasa. (2007) Kamus Besar Bahasa Indonesia. Ed. 3 Jakarta: Balai Pustaka

Susanti. (2007). Pengaruh faktor internal mahasiswa terhadap partisipasi mahasiswa dalam tutorial online. Jurnal pendidikan terbuka dan jarak jauh, vol. 8(1), p. 68-82.

Wardani, I.G.A.K. (2000). Program tutorial dalam sistem pendidikan tinggi terbuka dan jarak jauh. Jurnal PTJJ, vol. 1(2).

Widyonarso, Eko Setyo. (2014). Tingkat aksesibilitas fasilitas sosial berdasarkan konsep unit lingkungan di perumnas banyumanik Semarang. Jurnal ruang, vol. 2(4), 351-360.
Published
2015-12-04
How to Cite
WAHYUNINGSIH, Sri Suharmini; RUSLI, Yanis; BINTARTI, Arifah. AKSESIBILITAS MAHASISWA PADA TUTORIAL ONLINE PROGRAM STUDI PERPUSTAKAAN. Jurnal Pendidikan Terbuka Dan Jarak Jauh, [S.l.], v. 16, n. 1, p. 29-38, dec. 2015. ISSN 2442-2266. Available at: <http://ilp.ut.ac.id/JPTJJ/article/view/383>. Date accessed: 26 july 2017.

Keywords

academic achievement, accessibility, aksesibilitas, online instructional, online tutorial package, prestasi belajar, tutorial online